Bappebti: Juni 2023, Bursa Kripto Akan Terbentuk
Skip to Content

Bappebti: Juni 2023, Bursa Kripto Akan Terbentuk

Bappebti: Juni 2023, Bursa Kripto Akan Terbentuk
Ilustrasi bursa kripto | Foto: Istimewa

MONETER – Pembentukan bursa kripto direncanakan paling lambat pada Juni 2023 mendatang. Hal ini dikarenakan kebutuhan yang harus direalisasikan untuk berbagi risiko antara Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dengan bursa itu sendiri.


”Bursa kripto harus segera terbentuk dan tenggat waktunya adalah Juni 2023," kata Plt Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Didid Noordiatmoko, Senin (23/1/2023).


Menurutnya, pembentukan bursa kripto juga akan membuka perdagangan aset kripto yang sudah memiliki banyak pelanggan."Jadi sebetulnya yang harus kami bentuk adalah ekosistem dari perdagangan aset kripto bukan sekedar bursanya saja," kata Didid.


Selain itu, Bappebti dengan Kementerian Keuangan akan menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) untuk masa transisi pengalihan aset kripto dan perdagangan derivatif ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). RPP ini akan disusun selama paling lambat 6 bulan dan masa transisi akan dilakukan selama dua tahun atau 24 bulan.


"Jadi kita akan bersama Kemenkeu akan menyusun RPP itu, kemudian butir-butir yang akan dimasukkan ke dalam RPP terkait dengan mekanisme pemindahannya, mekanisme kerjasama dan sinergitas antara Bappebti, Kementerian Keuangan kemudian berikutnya adalah terkait dengan koordinasi kebijakan," kata Didid.


Dengan pengalihan aset kripto di bawah pengawasan OJK, maka kebijakan-kebijakan terkait aset digital menjadi wewenang Bappebti. Sementara itu, bagian operasional menjadi tanggung jawab OJK.


“Terkait dengan aset kripto dan perdagangan derivatif, Bappebti akan melakukan upaya-upaya pembinaan dan pengawasan untuk meningkatkan koordinasi,” tutup Didid.

 


Tags :