Kamis, Oktober 23, 2025

Perkuat Bisnis Logistik Terintegrasi, Pendapatan Konsolidasi ASSA Meningkat 21% di Kuartal III-2025

Must Read

PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) emiten yang bergerak di ekosistem mobilitas orang dan barang yang paling terintegrasi melalui 3 pilar bisnis utamanya terus memperkuat posisinya sebagai salah satu pemain besar terlengkap di industri logistik nasional melalui pengembangan layanan logistik terintegrasi.

Upaya ini merupakan bagian dari strategi ASSA untuk menghadirkan solusi end-to-end logistic mulai dari first-mid-last mile yang lebih efisien, andal, dan berdaya saing tinggi seiring dengan kebutuhan logistik yang terus berkembang.

Memasuki semester kedua tahun ini, ASSA membukukan kinerja solid dengan pendapatan konsolidasi yang melonjak 21% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY) menjadi Rp4,41 triliun. Pertumbuhan ini terutama didorong oleh pilar usaha di bidang pengiriman dan logistik yang menjadi kontributor utama Perusahaan dengan kontribusi Rp1,9 triliun tumbuh 39% YoY, diikuti segmen sewa kendaraan dan Autopool senilai Rp1,2 triliun serta bisnis rental korporasi.

“Pencapaian kinerja positif sampai sembilan bulan pertama tahun ini mencerminkan strategi pertumbuhan berkelanjutan yang dijalankan secara konsisten oleh ASSA sebagai ekosistem ketiga pilarnya. Sambil kami terus memperkuat bisnis logistik, kami juga tetap menjaga pertumbuhan yang sehat dari segmen rental korporasi dan ekosistem kendaraan bekas di bawah bendera anak usaha kami, ASLC (PT Autopedia Sukses Lestari Tbk.)” kata Prodjo Sunarjanto, Direktur Utama ASSA.

Dalam Laporan Keuangan per 30 September 2025, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada Pemegang Saham Perseroan tercatat mencapai Rp348,60 miliar dibanding setahun sebelumnya yang sebesar Rp 212,68 miliar.

Dalam bisnis logistik, ke depan ASSA secara konsisten akan memfokuskan pengembangan pada layanan logistik terintegrasi (end-to-end). Optimalisasi sistem dan efisiensi operasional terus dilakukan melalui pengembangan warehouse dan transport management system, serta perluasan layanan logistik yang berorientasi pada segmen pasar B2B untuk memperkuat daya saing dan nilai tambah Perusahaan.

Saat ini ASSA terus memperkuat layanan cold chain melalui Coldspace dengan menambah fasilitas gudang di Pulo Gadung yang ditargetkan beroperasi pada akhir tahun ini. Di sisi lain, pada lini bisnis logistik, Perusahaan juga memperluas jaringan hub Cargoshare di lokasi-lokasi dengan tingkat produktivitas tertinggi untuk mendukung efisiensi dan kapasitas distribusi.

Selain segmen logistik yang mulai menjadi pendorong utama pertumbuhan pada periode ini, pilar bisnis ekosistem kendaraan bekas juga mengalami pertumbuhan yang signifikan. Tercatat bisnis penjualan mobil bekas Perseroan mencapai Rp 806,7 miliar, tumbuh 24% dari capaian tahun lalu (YoY).

Melalui anak usahanya yaitu ASLC, ASSA fokus meningkatkan efisiensi pada bisnis ekosistem kendaraan bekas dan terus memperluas jangkauan Caroline.id ke berbagai wilayah potensial guna mendorong pertumbuhan berkelanjutan serta mengoptimalkan jaringan hub JBA.

Per akhir September, jumlah outlet Caroline.id telah mencapai 17 outlet di wilayah Jakarta dan Jawa Barat serta Banten. Dari bisnis gadai, ASLC juga melalui MotoGadai terus memperbesar jumlah pelanggan di sentral unit lelang di Jakarta yang di tahun 2025 ini telah mencapai dua cabang.

Sementara itu, pada segmen rental, ASSA juga secara konsisten melakukan diversifikasi basis pelanggan untuk mengurangi ketergantungan pada satu pasar sambil mempertahankan kehati-hatian dalam memilih pelanggan rental mengingat kondisi ekonomi yang masih menunjukkan tanda-tanda ketidakpastian.

“Dengan demikian, meskipun segmen logistik masih menjadi penyumbang terbesar terhadap pendapatan, ASSA juga mengupayakan pertumbuhan akan semakin seimbang dari semua segmen bisnis Perusahaan”, tutup Prodjo.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Akhir Pekan Lebih Berkesan Bersama ‘Weekend Getaway’ Swiss-Belresidences Kalibata

Hotel bintang empat Swiss-Belresidences Kalibata Jakarta Selatan menghadirkan promo Weekend Getaway dengan harga mulai dari IDR 850,000 net per...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img