Selasa, September 30, 2025

Belanja Iklan Tumbuh 10 Persen Periode 2019, Televisi Mendominasi

Must Read

Moneter.id – Hasil survey Nielsen
Advertising Intelligence (Ad Intel) yang dirilis hari ini
, Rabu (11/3/2020) oleh Nielsen Media Indonesia menyatakan belanja iklan tahun 2019 bertumbuh 10% dibandingkan
dengan 2018Total belanja iklan tahun lalu baik di media televisi,
radio maupun cetak mencapai Rp168 
triliun
berdasarkan gross rate card.

Televisi masih mendominasi 85% porsi belanja iklan dengan angka lebih dari
Rp143 
triliun, tumbuh 14% dibandingkan
2018. Sementara itu belanja iklan media cetak mencapai lebih dari Rp22 
triliun dan total belanja iklan radio mencapai Rp1,7 triliun,” tulis Nielsen disiaran pers yang diterima Moneter.id, Rabu
(11/3/2020).

Baca juga: Ini Solusi Nielsen Bantu Perusahaan Media dan Pengiklan Lakukan Penetrasi

Sepanjang tahun 2019, tulisnya, kategori Layanan Online menjadi
penyum
bang belanja iklan terbesar dengan total belanja iklan
Rp10,3 
triliun dan tumbuh 2%.
Kategori Perawatan Rambut berada di urutan kedua dan tumbuh 17
% dengan total belanja iklan mencapai Rp9,2 triliun.

Pengiklan terbesar
ketiga adalah kategori Pemerintahan dan Organisasi Politik dengan belanja iklan
sebesar Rp8,8 
triliun. Pengiklan
terbesar selanjutnya adalah kategori Perawatan Wajah dengan belanja iklan
sebesar Rp8,1 
triliun, tumbuh
signifikan 41
% dibandingkan tahun 2018.

Baca juga: Nielsen Perluas Pengukuran Iklan YouTube di Desktop dan Mobile Web
Browser Ke 26 Negara

Disusul oleh kategori Rokok Kretek dengan belanja iklan mencapai
Rp7,2 
triliun dengan pertumbuhan 24%.

Asal tahu
saja, s
ejak kuartal III/2018, Nielsen telah mengukur belanja iklan digital
untuk Top 200 situs lokal dan 18 saluran YouTube. Total belanja iklan digital
di 2019 mencapai Rp13,3 
triliun. Disandingkan
dengan belanja iklan media lainnya, Digital menyumbang 7% dari total belanja
iklan yang mencapai Rp181 
triliun.

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Lepas Ekspor Produk Olahan Susu dari Cikarang, Mendag Busan : Ini Bukti Daya Saing Produk Mamin Indonesia

Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso melepas ekspor empat kontainer susu bubuk dan susu kental manis produksi PT Frisian Flag...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img