Senin, Oktober 6, 2025

Indonesia Promosikan Produk Unggulan di Afrika Selatan

Must Read

Moneter.id – Indonesia
terus berupaya menggenjot ekspor nonmigas, khususnya ke pasar nontradisonal.
Salah satunya dengan mempromosikan produk unggulan dan pariwisata di The 9th Annual
Global Business Roundtable (GBR) World Congress & Exhibition yang
berlangsung pada 27-29 Maret 2019 lalu di Johannesburg, Afrika Selatan. Partisipasi
Indonesia terselenggara atas kerja sama Indonesian Trade Promotion Centre
(ITPC) Johannesburg dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Pretoria.

“Selain untuk mempromosikan produk Indonesia,
partisipasi Indonesia pada Forum GBR ini merupakan upaya meningkatkan kerja
sama Indonesia dan Afrika Selatan, khususnya menyambut peringatan 25 tahun
hubungan kerja sama diplomatik kedua negara di tahun 2019,”
kata Duta Besar RI di Pretoria,
Salman Al Farisi disiaran pers yang diterima MONETER.id, Kamis (4/04).

Dalam
forum yang bertema “Achieving Sustainable Global Economic Growth and
Equitable Distribution of Resources
”, stan Indonesia menampilkan sejumlah
produk unggulan, antara lain produk manufaktur sektor otomotif yaitu ban dan
aki, serta produk makanan dan minuman yang telah memasuki pasar Afrika Selatan.
Dubes Salman membuka stan Indonesia secara khusus.

Turut
hadir dalam forum tersebut, perusahaan niaga elektronik dari Indonesia yaitu PT
Solusi Ekosistem Global yang membawa platform Glexindo sebagai laman pemasaran
penjualan produk Indonesia secara bisnis ke bisnis (B to B) dan bisnis ke
pemerintah (B to G). Glexindo menampilkan sejumlah produk unggulan UKM
Indonesia melalui displai elektronik, antara lain batik, makanan khas, serta
kerajinan tangan.

Sementara
itu, Kepala ITPC Johannesburg, Anggun Paramita Mahdi menyampaikan, partisipasi
dalam GBR dapat memberikan manfaat yang positif bagi Indonesia karena GBR
memiliki misi sebagai forum jejaring kerja bagi para pelaku usaha.

“Penting bagi Indonesia mempromosikan produk
Indonesia secara aktif dalam kegiatan GBR ini karena jejaring yang terbentuk
secara global dapat meningkatkan citra produk Indonesia yang memiliki kualitas
baik dan terpercaya,”
jelas
Anggun.

Dalam
forum tersebut, ITPC Johannesburg juga mempromosikan Trade Expo Indonesia ke-34
yang akan diselenggarakan di ICE BSD City pada 16-20 Oktober 2019.

Kinerja
perdagangan Indonesia-Afrika Selatan menunjukkan tren yang positif. Total
perdagangan Indonesia Indonesia-Afrika Selatan pada 2018 mencapai USD 1,71
miliar atau meningkat sebesar 43,34% dibandingkan pada 2017 yang tercatat
sebesar USD 1,2 miliar.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

UmrahCash dan VIDA Hadirkan Solusi Aman & Praktis

UmrahCash berkolaborasi dengan VIDA, penyedia identitas digital terkemuka di Indonesia, menghadirkan dompet digital syariah yang aman dan praktis khusus...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img