Jakarta Sneakers Day Diharapkan Jadi Wadah Merek Lokal Lebih Dikenal

Jakarta Sneakers Day Diharapkan Jadi Wadah Merek Lokal Lebih Dikenal

Moneter.id – Jakarta – Platform Jakarta Sneakers Day (JSD) diharapkan dapat menjadi wadah promosi produk lokal ke pasar internasional. “Wadah promosi harus disiapkan agar produk lokal tak kalah bersaing dengan jenama luar negeri,” kata Wakil Menteri Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Wamenekraf/Wakabekraf) Irene Umar.

“Saya sangat senang melihat begitu banyak merek lokal yang mendapatkan dukungan dari JSD. Ini menjadi bukti bahwa brand lokal kita memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar internasional,” ujar Wamenekraf Irene, Sabtu (15/2/ 2025).

JSD sendiri merupakan platform yang telah hadir sejak 2016 dan berfokus pada kultur sneakers serta subkultur terkait. Pada tahun ini, JSD menghadirkan 109 gerai, di mana 80 persen di antaranya adalah merek lokal Indonesia.

Wamenekraf Irene berharap masyarakat semakin aktif dalam mendukung industri kreatif dengan menghadiri acara seperti JSD. Menurutnya, kesadaran dan dukungan terhadap merek lokal akan membantu mendorong pertumbuhan industri ekonomi kreatif di Tanah Air.

“Harapan saya, semakin banyak masyarakat yang hadir dalam acara ini agar lebih mengenal dan mendukung pelaku ekonomi kreatif lokal. Dengan begitu, mereka akan mendapat lebih banyak kesempatan untuk berkembang,” kata Wamenekraf Irene.

Sementara itu, Co-Founder Infia dan Jakarta Sneakers Day, Andrey Noelfry, mengungkapkan bahwa dominasi merek lokal dalam JSD tahun ini menunjukkan perkembangan signifikan industri sneakers di Indonesia. Dari total 109 gerai, 80 persen di antaranya merupakan produk lokal yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah brand sneaker lokal terbanyak di Asia Tenggara.

"Tahun ini, antusiasme dari merek lokal sangat luar biasa. Dengan area yang lebih luas, banyak merek lokal yang ingin berpartisipasi, sehingga proporsi brand lokal mencapai 80 persen. Indonesia mungkin menjadi salah satu negara dengan jumlah brand lokal terbanyak di Asia Tenggara," kata Andrey.

"Acara seperti JSD ini membuktikan bahwa kita mampu mendominasi pasar domestik dan bahkan bersaing di tingkat global. Kami berharap Kementerian Ekonomi Kreatif dapat lebih banyak memberikan dukungan, baik dari segi audiensi maupun pengenalan ke daerah-daerah," tambahnya.

Popular