Home peluang usaha Mau Berbisnis Kopi dengan Modal Minim? Ini Tipsnya

Mau Berbisnis Kopi dengan Modal Minim? Ini Tipsnya

0
6
aefd94914a9bce4971bbf4804741a3d0.jpeg
Kopi98, salah satu kedai kopi di Graha Raya Tangerang Selatan (Tangsel)

Moneter.co.id – Bisnis minuman kopi kini semakin berkembang.
Ramainya peminat bisnis kopi, ternyata juga menimbulkan permasalahan bagi
pemula yang bermodal kecil.

Tapi jangan khawatir, jika Anda ingin mulai
berbisnis kopi dengan modal yang kecil, berikut tipsnya menurut Erakini.com
yang dikutip Senin (04/12), Pertama, Target Konsumen,
Anda harus memikirkan siapa target konsumen Anda. Berapa penghasilannya,
seperti apa mereka menganggap cita rasa suatu kopi, bagaimana kalangan mereka,
apakah mahasiswa, pekerja pasar, kaum borjuis yang suka rapat di warung kopi,
eksekutif kantoran, atau para pecinta kopi.

Pemahaman tentang konsumen dapat membantu
memetakan teknik berikutnya. Misalnya, lokasi yang tepat, desain kode yang
cocok, dan harga yang pas untuk kopi Anda.

Jika modal Anda kecil dan menargetkan konsumen kelas
menengah ke atas. Carilah teman atau investor yang mau mendanai bisnis Anda.


Cara termudah menemukan investor adalah membawa
sertifikat tanah atau BPKB kita ke Bank. Namun, ada cara lain yang lebih aman
dan hemat. Cobalah untuk mengikuti acara-acara business plan competition (lomba
bisnis plan/wirausaha)
yang banyak diadakan belakangan ini. Misal, wirausaha muda mandiri. Jika
menang, Anda akan mendapat pembiayaan secara cuma-cuma.

Kedua, Lokasi, Anda harus menentukan tempat paling strategis untuk
mengawali bisnis kopi ini. Lokasi menjadi penentu dalam perjalanan bisnis.
Misalnya saja, Anda ingin menggunakan konsep kedai kopi sederhana maka Anda
dapat menggunakan lokasi yang sering berdekatan dengan orang-orang ramai yang
mudah dijumpai.

Jangan membuka kedai kopi mewah di sekitar
pasar tradisional yang cukup kumuh. Konsumen Anda tidak akan tertarik dengan
kopi Anda karena tidak berada di lingkungan yang sehat dan bersih.

Ketiga, Menemukan Supplier, jika Anda membuka kopi untuk target konsumen kelas
menengah ke bawah. Anda tidak perlu bingung mencari supplier, di pasar banyak
penjual kopi, baik instan maupun tidak.

Beda lagi kalau target Anda kelas menengah
ke atas. Jika Anda ingin omset jutaan per hari, Anda harus menarget konsumen
ini. Mereka rela membayar mahal. Oleh karena itu mereka layak mendapat kopi
terenak yang pernah ada.

Anda bisa saja pergi ke berbagai tempat untuk mencari
kopi yang pas. Jalanilah, itu adalah biaya riset yang harus Anda lakukan.

Keempat, Rancangan
Bisnis
, dengan memiliki konsep
yang kuat, Anda akan lebih mudah dalam mengelola bisnis kopi ini. Rasa kopi
yang nikmat memang sangat melekat pada diri masyarakat luas, Anda pun juga
harus merancang tatanan bisnis kopi ini dalam segala hal.

Kelima, Wawasan
tentang Manfaat Kopi
, banyak kandungan
manfaat kopi yang baik bagi tubuh. Seperti pencegah beberapa penyakit, yaitu
kanker, jantung, diabetes, mengurangi sakit kepala, dan lain sebagainya.
Wawasan perlu Anda miliki untuk lebih mengenal sisi menarik dari minuman hitam
ini. dengan sensasi berbeda, kopi dapat menjadi favorit bagi konsumen.

Keenam, Menu Kopi, dengan macam-macam varian kopi maka akan memiliki makna
tersendiri mengenai bisnis kopi Anda. Misalnya saja, dengan menggunakan menu
kopi bertabur aroma macam-macam buah, hal ini akan memberikan sensasi berbeda
jika Anda memberikan menu kopi dengan rasa mint. Begitu pula pada
saat Anda memilih rasa-rasa biasa kopi seperti tiramisu, moka, atau karamel.

Ketujuh, Karyawan, point ini juga dapat
menentukan arah bisnis Anda yang berlangsung. Maka dari itu, tidak akan ada
salahnya apabila Anda memilih karyawan yang tidak jauh dari kehidupan Anda atau
mereka yang masih memiliki ikatan keluarga, tetangga, maupun rekan anda.

Hal di atas akan mempengaruhi kesigapan,
serta kualitas diri mereka. Begitu pula dengan konsep untuk karyawan pun juga
sebaiknya Anda hadirkan. Dengan konsep karyawan yang tepat, misalnya saja
seragam dan bentuk pelayanan pada pelanggan, maka akan memberikan nilai
tersendiri dari para pelanggan atau konsumen pada bisnis kopi Anda.

Kedelapan, Izin Usaha, perizinan usaha atau bisnis sangat penting untuk
memastikan kelegalan bisnis yang Anda jalankan. Selain itu, dengan perizinan,
Anda akan semakin mudah dalam menjalankan atau bahkan mengembangkan bisnis kopi
tersebut.

Kesembilan, Pelayanan
Memuaskan,
selalu memberikan pelayanan segar dan
menyenangkan akan sangat membantu anda dalam mengolah bisnis menjadi sangat
dinamis. Ini akan menjadi suatu keunggulan yang mungkin saja sulit didapatkan
oleh konsumen dari bisnis kopi lainnya.

Jadikan bisnis kopi Anda sebuah usaha yang
memiliki etika karena akan memberikan timbal balik luar biasa dari para
pelanggan. Dengan pelayanan yang baik dan ramah, Anda pun juga harus
memperhatikan kehigienisan tempat atau lokasi yang Anda gunakan untuk bisnis
kopi tersebut.

Kesepuluh, Konsep
Tambahan
, tidak ada salahnya
bila Anda memiliki konsep tambahan untuk menjalankan bisnis kopi Anda. Misalnya
saja dengan menambahkan beberapa menu hidangan yang cukup untuk membantu
menjadi teman sambil menyeduh kopi. Dengan begitu, pelanggan akan semakin
dimanjakan menggunakan hal yang sederhana.

Dan kesebelas, Strategi
Pemasaran
, Anda dapat menggunakan
cara online maupun offline. Jika
Anda sudah menjalankan konsep bisnis offline, Anda bisa
menggunakan sosial media untuk memasarkan bisnis kopi Anda secara online.
Jadi, akan semakin banyak yang mengenal bisnis kopi yang Anda jalankan. (TOP)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here