Moneter.id
– Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mendorong
lebih banyak industri atau perusahaan di Indonesia membangun dan menjadikan
destinasi pariwisata di Indonesia termasuk Danau Toba sebagai destinasi meeting,
incentive, conference, exhibition (MICE).
Hal ini terkait dijadikannya Danau Toba sebagai lokasi program
incentive oleh AFC Life Science Indonesia pada 25 April 2024 di hotel Niagara
Parapat, Sumatra Utara.
“Saya menyampaikan terima kasih juga apresiasi kepada AFC Life
Science Indonesia yang telah menjadi pionir dalam memberikan incentive trip
dengan memilih Danau Toba sebagai tujuan destinasi,” kata Menteri
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
(Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangannya, Sabtu
(11/5/2024).
Dalam program bertajuk “Spirit of Samurai IV”, AFC Life
Science Indonesia, perusahaan farmasi asal Jepang, membawa lebih dari 5.000
peserta perjalanan.
Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi
serta membantu pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan
Danau Toba dan sekitarnya sebagai salah satu destinasi unggulan Indonesia.
“Saya juga mendorong agar lebih banyak perusahaan yang
menjadikan Danau Toba, juga destinasi pariwisata super prioritas lainnya untuk
menjadi tujuan incentive trip,” kata Menparekraf Sandiaga.
Ia mengatakan, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam
pengembangan industri MICE. Indonesia memiliki destinasi tujuan MICE skala
internasional ditunjang fasilitas penginapan, transportasi, hingga gedung
pertemuan berstandar internasional.
MICE juga memiliki kontribusi yang tinggi terhadap perekonomian
masyarakat, karena turis MICE ditengarai mempunyai spending 3-4 kali lebih
besar dari leisure, memiliki lama tinggal lebih panjang, dan kegiatan MICE
berskala internasional merupakan ajang promosi yang efektif bagi Indonesia di
kancah global.
“Kemenparekraf juga terus mempromosikan Indonesia sebagai
tujuan MICE kelas dunia,” kata Menparekraf Sandiaga.
CEO AFC Life Science Indonesia, Nicolas Rampisela, mengatakan
Spirit of Samurai IV tidak hanya dihadiri peserta dari Indonesia tapi juga
peserta mancanegara seperti Malaysia, Singapura, dan Jepang.
”Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat atas
dukungan kepada kami terutama untuk kemajuan industri penjualan langsung, kami
akan selalu berusaha untuk memberikan inovasi terbaru melalui produk kami dan
juga melalui event-event seperti Spirit of Samurai,” ujar Nicolas.
AFC Life Science Indonesia sebelumnya juga telah menyelenggarakan
acara serupa di berbagai destinasi wisata Indonesia, termasuk Garuda Wisnu
Kencana, Bali, di tahun 2021 dan Candi Borobudur pada 2022.
“Kami berharap acara ini membawa dampak perekonomian yang
sangat positif bagi pelaku pariwisata seperti restoran, penginapan, penyewaan
transportasi, juga usaha UMKM lokal lainnya,” ujar Nicolas.