Senin, Oktober 6, 2025

Pendapatan Pan Brothers Naik 10 Persen di Semester I/2018

Must Read

Moneter.id – PT Pan
Brothers Tbk (PBRX) mencatatkan pertumbuhan pendapatan sekitar 10% pada
semester I/2018. Sebelumnya diperiode yang sama tahun lalu, perusahaan
memperoleh pendapatan sekitar US$ 241,65 juta.

Wakil
Presiden Direktur Pan Brothers, Anne Patricia Sutanto mengatakan, pencapaian
itu sejalan dengan target kenaikan setahun penuh sebesar 15%.

”Saat ini
perseroan masih melakukan penelaahan terbatas (limited review) laporan keuangan per Juni 2018. Namun, nilai
pendapatan berhasil meningkat 10% yoy sesuai dengan proyeksi manajemen,” kata Anne,
Jumat (10/8).

Anne mengungkapkan, dengan
estimasi kenaikan 10% pada Januari–Juni 2018, PBRX mengantongi penjualan
senilai US$265,81 juta.Per Maret 2018, perusahaan membukukan penjualan kotor
US$108,76 juta, naik 8,37% yoy dari sebelumnya US$100,36 juta.

“Penjualan
ekspor mendominasi 90,5% atau US$98,44 juta, sedangkan pasar domestik hanya
9,53% atau US$10,32 juta,” ucap Anne.

Menurutnya, kinerja
perseroan sepanjang Januari-Juni 2018 masih sesuai dengan target peningkatan
pendapatan 15% pada tahun ini. Artinya, PBRX membidik penjualan senilai
US$638,76 juta dari 2017 sebesar US$549,35 juta.

Untuk memacu
peningkatan pendapatan, perusahaan berupaya memacu produktivitas sambil
melakukan efisiensi. Bila produksi bertumbuh, secara otomatis volume penjualan
turut naik.

Utilisasi pabrik perseroan
sebetulnya sudah mencapai kapasitas penuh. Namun, volume produksi dapat
ditingkatkan dengan penerapan mekanisasi industri 4.0.

Tahun lalu,
kapasitas terpasang untuk garmen perseroan naik dari 90 juta potong per tahun menjadi
111 juta potong per tahun. Pada 2018, perseroan menargetkan kenaikan menjadi
117 juta potong per tahun.

”Secara
otomatis pendapatan dapat meningkat bila produksi juga meningkat. Makanya kami
menggenjot di atas 100 juta potong. Selain itu, ada juga keuntungan dari
kenaikan harga jual produk,”jelasnya.

Selama ini, emiten
eksportir garmen ini memang lebih fokus ke pasar global, yang mana sekitar
95%-97% produknya dikirim ke luar negeri. Adapun, destinasi ekspor sebagian
besar negara-negara kawasan Asia dengan porsi sebesar 56%, diikuti
negara-negara Amerika sebesar 26% dan sisanya ke negara-negara Eropa.

 

(TOP)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

GIIAS Hadirkan Informasi dan Inovasi Otomotif Terbaru Bagi Pelajar dan Mahasiswa Lewat Education Day

Rangkaian pameran otomotif GIIAS Bandung 2025 yang resmi dibuka pada 01 Oktober hingga 05 Oktober 2025 di Sudirman Grand...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img