Selasa, September 30, 2025

Potensial, Kemenpar Kejar Wisman Tiongkok Melalui Sales Mission

Must Read

Moneter.id – Kementerian
Pariwisata (Kemenpar) akan menggelar rangkaian Sales Mission di Republik Rakyat
Tiongkok yang akan dilangsungkan di tiga kota yaitu Hefei, Xi’an dan Beijing
pada 11-14 Juni 2018. Pasar Tiongkok merupakan salah satu pasar wisman terbesar
sehingga Kemenpar terus menggenjot potensi kunjungan wisman Tiongkok.

“Pasar
Tiongkok sangat potensial dan menjadi target utama Kemenpar. Tahun 2017
outbound wisatawan Tiongkok mencapai 130 Juta namun hanya 1.6% yang ke
Indonesia. Untuk itu kami akan terus menyasar wisatawan Tiongkok,” kata
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Nia Niscaya, didampingi Asisten Deputi
Bidang Pengembangan Pemasaran II Regional I (Great China), Vinsensius Jemadu,
Sabtu (9/6).

Pada
kegiatan sales mission kali ini, Wonderful Indonesia akan all out dengan
membawa delegasi pilihan. Tercatat empat travel agent dan travel online serta
dua maskapai penerbangan diboyong dalam sales mission ini.

“Target
kita bisa menjual 100 pax di tiap kota. Kita juga akan membawa para penari
serta musik tradisional Indonesia dalam rangkaian sales mission ini,”
ungkap Nia Niscaya.

Vinsensius
Jemadu menjelaskan, sales mission di Kota Hefei akan digelar di Sofitel Jinan
Silver Plaza Hotel, 11 Juni 2018. Sedangkan di kota Xi’an akan digelar di Crown
Plaza Shenyang Parkview, 12 Juni 2018. Untuk sales mission di Beijing akan
digelar tanggal 14 Juni di New Paris Hotel, Beijing.

Vinsensius
menambahkan, potensi pasar untuk wisatawan Tiongkok ke Indonesia masih sangat
besar. Apalagi, karakter destinasi di Indonesia sangat disukai wisatawan
Tiongkok. Mereka biasanya sangat menikmati keindahan pantai dan alam bawah
laut. Untuk urusan destinasi bawah laut, Indonesia memang rajanya.

“Potensi
wisata bahari kita luar biasa. Dua per tiga coral dan biodiversity ada di
Indonesia. Rugi besar kalau kita tidak bisa meyakinkan wisman untuk menyelami
wisata bahari di tanah air,” kata Vinsensius Jemadu.

Akses
penerbangan yang semakin baik menjadi modal besar yang dimiliki Indonesia.
Apalagi outbound wisatawan Tiongkok mencapai 130 juta orang pada 2017. Mereka
menghabiskan budget besar hingga RMB115,29 Miliar atau Rp242,109 triliun.

Mengacu
data International Luxury Travel Market Asia (ILTMA), wisatawan Tiongkok paling
royal berbelanja di pasar global. Kemampuan rata-rata spending mereka mencapai
USD1.139 per trip atau setara Rp15,9 Juta (Kurs USD1 = Rp13.940).

“Agenda
sales mission di Tiongkok semakin diintensifkan. Sebab, target kunjungan mereka
di tahun ini juga dimaksimalkan. Selain kemampuan spending dan arus besar
outbound nya, wisatawan Tiongkok di tahun lalu juga menjanjikan,” ujar Vinsensius
Jemadu.

Sementara,
Menteri Pariwisata Arief Yahya, menilai sales mission ini memiliki fungsi
strategis. Selain melakukan branding, juga dapat mengetahui keinginan pasar
Tiongkok.

 

 

(TOP)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Lepas Ekspor Produk Olahan Susu dari Cikarang, Mendag Busan : Ini Bukti Daya Saing Produk Mamin Indonesia

Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso melepas ekspor empat kontainer susu bubuk dan susu kental manis produksi PT Frisian Flag...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img