Senin, Oktober 6, 2025

Program e-Smart IKM Akan Dongkrak Omzet Produksi

Must Read

Moneter.id – Kementerian Perindustrian mendorong pelaku industri kecil dan menengah (IKM) untuk terlibat dalam program e-Smart IKM. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas
dan kuantitas produk
secara
efisien
sekaligus
memperluas pasarnya.

“Sejak tahun 2017
diluncurkan,
program e-Smart IKM
sudah melahirkan banyak IKM yang berkembang
pesat
.
Dengan mengadopsi teknologi, produktivitasnya naik dan
mampu
memasarkan
di marketplace
,” kata Direkur
Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Gati Wibawaningsih di
Jakarta, Kamis (14/2).

Kemenperin
mencatat,
yang telah mengikuti loka karya e-Smart IKM sebanyak 5.945 pelaku usaha dengan
total omzet
sebesar
Rp1,
5
miliar.
Berdasarkan
sekto
rnya,
industri logam mendominasi

hingga
40,99% dari total transaksi di e-Smart IKM.

Kemudian disusul sektor industri fesyen sebesar 30,13%, industri makanan dan
minuman 23,50%, industri herbal 1,22%, industri furnitur 0,90%
, serta industri kreatif
dan lainnya 0,72%.
“Hingga
tahun 2019
,
ditargetkan
bisa mencapai
total 10.000
peserta
dengan
sekitar
30.000 produk IKM yang dapat diakses konsumen melalui marketplace
,” ungkap Gati.

Sampai saat ini, program e-Smart IKM
yang dilaksanakan
hingga di
22 provinsi
,
telah melibatkan beberapa pihak, seperti BI, BNI, Google, iDeA
serta Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu
, menggandeng pemerintah
provinsi, kota dan kabupaten.

“Program e-Smart IKM juga telah bekerja
sama dengan marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, BliBli,
Blanja.com, Ralali, dan Gojek Indonesia,” sebut Gati.

Lebih lanjut, program
e-Smart IKM akan pula memfasilitasi pelaku usaha agar dapat
mengakses pasar yang lebih luas melalui
kerja sama dengan ATT Group selaku Authorized Global Partner Alibaba.com di
Indonesia
.

“Kerja sama ini meliputi pelatihan pemasaran online bagi IKM dalam melaksanakan
operasional di dalam Alibaba.com serta
pertukaran data dan informasi mengenai
perkembangan dan pencapaian IKM yang masuk di dalam
program
e-Smart IKM,paparnya.

Dia
mengakui, keikutsertaan pada
loka karya e-Smart IKM, mendapatkan banyak ilmu baru dan menjadikan
marketplace
sebagai ujung tombak pemasarannya. “Tidak
hanya mendapat ilmu tentang penjualan, t
etapi saya juga mendapat berbagai macam fasilitas khusus seperti mencoba fiturfitur
berbayar dari
Bukalapak secara gratis, dapat trik berjualan di Bukalapak, dan dapat relasi,ujarnya.


- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

UmrahCash dan VIDA Hadirkan Solusi Aman & Praktis

UmrahCash berkolaborasi dengan VIDA, penyedia identitas digital terkemuka di Indonesia, menghadirkan dompet digital syariah yang aman dan praktis khusus...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img