PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL), emiten penyedia kain, seragam, dan fashion berkualitas mencatatkan pertumbuhan laba kuartalan mencapai Rp1,16 miliar dibandingkan sebelumnya Rp234,95 juta secara QoQ di kuartal ketiga tahun ini seiring dengan kondisi pemulihan industri TPT (Industri Tekstil dan Produk Tekstil) pada semester kedua tahun ini.
Pada periode ini, segmen seragam dan distribusi memberikan dorongan terhadap peningkatan kinerja Perusahaan. Segmen seragam mencatatkan kenaikan penjualan menjadi Rp37,30 miliar dibandingkan periode kuartal sebelumnya yang hanya mencatatkan Rp2,74 miliar.
Segmen distribusi turut mengalami kenaikan 18% QoQ menjadi Rp49,04 miliar. Meski demikian, kontributor terbesar penjualan masih didominasi oleh segmen manufaktur melalui merek Bellini dan Caterina. Segmen ini mencatatkan penjualan sebesar Rp87,83 miliar atau tumbuh 12% dibandingkan kuartal sebelumnya.
Kenaikan signifikan pada segmen seragam didukung dari meningkatnya permintaan dari pelanggan korporasi maupun institusi, terutama untuk kebutuhan pengadaan seragam baru. Capaian positif ini juga mencerminkan ketahanan dan kemampuan adaptif BELL dalam menghadapi dinamika industri tekstil dan garmen yang kini mulai menunjukkan tren pemulihan.
“Kinerja di awal paruh kedua ini membuktikan ketahanan dan kemampuan adaptasi kami dalam menghadapi dinamika pasar yang menantang. Kami berharap memenuhi target yang sudah ditetapkan melalui berbagai langkah inovasi dan ekspansi serta kemampuan adaptif yang dimiliki BELL dalam memenuhi permintaan konsumen.” ujar Karsongno Wongso Djaja, Direktur Utama BELL.
Strategi BELL yang adaptif terhadap permintaan pasar terbukti relevan sehingga mendorong pertumbuhan. Di samping itu, industri tekstil secara keseluruhan juga menunjukkan perbaikan. Menurut Kemenperin, industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) menunjukkan pertumbuhan 5,39% hingga paruh pertama tahun ini.
Untuk meraih pertumbuhan yang telah ditetapkan, BELL gencar memperluas pasar ritel melalui penambahan outlet JOBB maupun Jack Nicklaus di wilayah-wilayah potensial. Hingga September, BELL berhasil menambah total 4 outlet JOBB dan Jack Nicklaus, serta menargetkan ekspansi lebih lanjut di berbagai wilayah potensial hingga akhir tahun ini.
Dari sisi inovasi, BELL tengah dalam tahap menyelesaikan pembangunan Trisula Innovation Center yang progressnya sudah mencapai lebih dari 80%. Fasilitas ini nantinya akan digunakan untuk mengembangkan inovasi dan penelitian (R&D) Trisula Group.
Dengan langkah inovasi, ekspansi yang secara konsisten dilakukan, serta kemampuan adaptif dalam memenuhi kebutuhan dan tren konsumen, BELL optimistis dapat mencapai target yang telah ditetapkan hingga akhir tahun.




