Mekari.com

Dengan Digitalisasi, Mekari Bantu Puluhan Ribu UMKM untuk 'Go Digital'

17 Desember 2019

Moneter.id - PT Mid Solusi Nusanata (Mekari) menawarkan aplikasi mempermudah semua pengelolaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di sejumlah kota besar di Indonesia agar bisa bersaing di tingkat nasional hingga internasional. 

Puluhan ribu UMKM di sejumlah kota seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung telah menggunakan layanan dari Mekari,” kata Chief Commercial Officer (CCO) Mekari, Sandy Suryanto di Bandung, Selasa (17/12).

Kata Sandy, Mekari hadir untuk membantu pelaku UMKM untuk go digital dan sejauh ini ada puluh ribu klien (UMKM) yang menggunakan atau berlanggganan Mekari.

“Saat ini pelaku UMKM tidak bisa terlepas dari pola digitalisasi yakni mulai dari pemasaran hingga pengelolaan sumber daya manusia (SDM),” ucap Sandy.

Untuk Bandung, jelas Sandi, sejak 2019, Mekari membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis UMKM di Kota Bandung. Bandung telah menjadi salah satu kota paling menarik di Indonesia dimana jumlah pengusaha dan perusahaan rintisan terus meningkat,” paparnya. 


Bahkan, kata dia, keberadaan UMKM di Kota Bandung juga membawa pengaruh yang cukup tinggi terhadap produk domestik bruto (PDB). 
“Data dari Dinas Koperasi UMKM Kota Bandung, sektor UMKM menyumbang 80% terhadap PDB Kota Bandung,” ujar Sandy.

Lebih jauh, kata Sandy, pengguna layanan Mekari masih didominasi pelaku usaha di DKI Jakarta dengan persentase mencapai 70%.
Sisanya tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Medan, Bandung, dan Surabaya.


TERKINI