MIND ID

Holding BUMN Pertambangan Beli Saham Vale Indonesia 20 Persen

22 Juni 2020

Moneter.id – Holding BUMN pertambangan, MIND ID membeli 20 persen saham PT Vale Indonesia Tbk (PTVI). Penandatangan perjanjian definitif antara MIND IDE, Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co Ltd (SMM) digelar pada Jumat (19/6/2020).

"Transaksi saham PTVI ini menjadi bagian penting dalam rencana pengembangan industri baterai untuk mobil listrik," kata Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Sabtu (20/6/2020).

Erick Thohir mengatakan transaksi itu menggambarkan komitmen pemerintah Indonesia dalam memastikan lingkungan yang ramah bisnis serta pengembangan strategis jangka panjang dari industri pertambangan Indonesia.

"Saat ini, Indonesia memainkan peran strategis utama dalam industri nikel global," katanya.

Kemitraan MIND ID dengan PTVI ini juga membuktikan kepercayaan bagi perusahaan pertambangan global terhadap peluang pasar di Indonesia.

"Partisipasi MIND ID di perusahaan tambang kelas dunia, seperti Vale Indonesia (Brasil/Kanada) dan Freeport Indonesia (Amerika Serikat), merupakan bukti keberhasilan Indonesia dalam menjaga dan menarik investasi perusahaan global ke industri pertambangan nasional," ucap Erick.

Proses transaksi ini ditargetkan selesai akhir 2020. Dengan demikian kepemilikan saham di PTVI akan berubah menjadi VCL 44,3 persen, MIND ID 20 persen SMM 15 persen, dan publik 20,7 persen.


TERKINI