Kimia Farma

Tahun Ini, Kimia Farma Siapkan Dana Capex Rp500 Miliar

11 Januari 2021

Moneter.id – PT Kimia Farma Tbk (KAEF) mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 500 miliar atau hampir sama dengan anggaran tahun 2020 yang mencapai Rp 547 miliar sepanjang tahun 2021.

“Perseroan berupaya menjaga anggaran investasi tetap efisien di tengah pandemi Covid-19,” kata Sekretaris Perusahaan Kimia Farma, Ganti Winarno, akhir pekan lalu.

Ganti bilang, bahwa salah satu bentuk ekspansi tahun ini adalah rencana pembangunan pabrik parasetamol hasil kerja sama dengan PT Kilang Pertamina Internasional, anak usaha PT Pertamina (Persero).

“Investasi fasilitas produksi parasetamol ini sekitar Rp 600 miliar dan bersifat multiyears. Strategi pendanaan berasal dari pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) dan fasilitas perbankan,”ujarnya.

Selain itu, lanjut Ganti, perseroan juga menyusun strategi pengembangan proyek yang bertujuan untuk mendukung kemandirian farmasi di dalam negeri, dimana sekitar 95% kebutuhan bahan baku obat saat ini masih impor.

“Pabrik farmasi parasetamol ini akan memiliki kapasitas 3.800 ton per tahun, dari turunan produk petrokimia, yakni benzene,” tungkasnya. 


TERKINI