Moneter.co.id – Sebagai situs e-commerce terbesar di Indonesia, Blibli.com kembali menggelar program menarik “The Big Start Indonesia” (TBS) Season 2. Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2016, TBS merupakan creativepreneur webseries reality show pertama di Tanah Air yang tidak hanya fokus memberdayakan para pelaku industri kecil menengah, namun juga berusaha menggerakkan para pelaku industri kreatif lokal agar produknya semakin bermanfaat dandikenal luas secara nasional.
Pada TBS Season 2 kali ini, digelar rangkaian roadshow di 4 kota kreatif Indonesia sejak awal Agustus lalu. Kota yang disambangi oleh tim Blibli.com yakni, Yogyakarta pada 4-6 Agustus 2017, disusul Bali pada 11-13 Agustus 2017 kemudian Bandung pada 18-20 Agustus 2017.
Jakarta sendiri merupakan kota penutup dari rangkaian roadshow TBS Season 2 yang berlangsung pada 25-27 Agustus 2017 di areaTribeca, Central Park Mall, Jakarta.
Senior Vice President of Marketing Blibli.com I Gusti Ayu Fadjar mengatakan, roadshow diadakan agar kami lebih dekat dengan para creativeprenuer lokal dan sekaligus dapat berinteraksi dengan mereka. Belajar dari tahun lalu, banyak sekali creativepreneur yang mendaftar dan berasal dari 4 kota besar seperti Yogyakarta, Bali, Bandung dan Jakarta.
“Oleh karena itu, tahun ini kami hadir di 4 kota tersebut. Tak menutup kemungkinan kami akan datang dilebih banyak kota di tahun depan,” ujarnya diketerangan rilis yang Moneter.co.id terima, Kamis (24/8).
Tercatat animo serta antusiasme para creativepreneurs muda Indonesia untuk mendaftar program TBS 2017 melalui rangkaian roadshow TBS yang hadir sepanjang Agustus 2017 di tiga kota kreatif seperti Yogyakarta, Bali, dan Bandung sukses merangkul hampir 12.000 peserta yang siap untuk berkompetisi.
“Melihat jangka waktu pendaftaran yang masih akan terus kami buka hingga 20 September 2017, kami optimis bahwa tahun ini jumlah pendaftar dapat menyaingi atau melebihi jumlah pendaftar tahun lalu yang sebesar 15.000 peserta,” ucap Ayu Fadjar.
Ayu Fadjar menjelaskan, Blibli.com menggagas ‘The Big Start’ sebagai acara yang inspiratif serta diharapkan mampu berkontribusi juga untuk perkembangan local talent di Indonesia.
“Dengan mendatangi kota-kota yang dianggap ‘markas besar’ industri kreatif di TBS 2017 ini, diharapkan akan lebih banyak ditemukan talent-talent muda berbakat,” tegasnya.
Menurutnya, program TBS bukan saja sebagai ajang kompetisi, ataupun memenangkan modal usaha, tapi juga bagaimana mengantarkan para peserta menjadi seorang creativepreneur untuk “naik kelas” baik dari sisi pengembangan diri hingga produknya.
Pada program TBS, para peserta akan diberikan beragam pengajaran mengenai cara memasarkan bisnis yang efektif dan efisien dengan menggunakan platform e-commerce, memaksimalkan media sosial, pengelolaan keuangan,hingga pengetahuan masalah pajak dan legal. Para peserta juga akan dibantu untuk melindungi karya ciptanya dengan didaftarkan di HAKI (Hak Kekayaan Intelektual).
“Jadi, The Big Start Indonesia diharapkan dapat menjadi kompetisi yang inspiratif serta mampu berkontribusi dalam perkembangan local talent di Indonesia,” kata Ayu Fadjar.
Tercatat, serangkaian workshop di roadshow TBS 2017 Jakarta juga akan menghadirkan sejumlah creativepreneur Ibukota yang telah sukses sebagai merchant Blibli.com maupun cerita dari para peserta TBS 2016 yang telah merasakan serunya kompetisi kreatif ini.
Bertempat di area Tribeca di Central Park Jakarta, dijadwalkan pada hari ini, Jumat (25/8) akan hadir Stephen Lucas, Co-Founder VOYEJ Leather Goods.
Pada Sabtu, (26/8) hadir Lisa Fitria, Sekjen Indonesian Fashion Chamber & Fashion Designer. Kemudian Minggu (27/8) hadir Yukka Harlanda, Direktur Utama Brodo serta pemenang pertama TBS 2016, Arlin Chondro, membagi sukses story-nya sejak mengikuti di TBS tahun lalu.
Dijadwalkan pendaftaran TBS 2017 akan ditutup pada 20 September 2017, jadi kesempatan untuk mengikuti kompetisi kreatif ini masih terbuka lebar bagi para creativepreneurs Indonesia. (Top)