MONETER
- Kinerja UMKM ekspor tidak hanya mampu membuktikan pembukaan lapangan kerja
yang lebih baik bagi tenaga kerja di dalam negeri. Produk UMKM lokal justru
mampu bersaing dan menjadi merek yang prestisius yang mampu membuat bangga
Indonesia.
Sebagai
bank dengan mandat Go Global dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara, PT Bank
Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat komitmennya untuk
mendorong kinerja pelaku UMKM untuk tak sekadar naik kelas tetapi juga menembus
pasar ekspor dan menjadi kebanggaan bangsa.
Wiracana
Handfan adalah UMKM Binaan sekaligus nasabah setia BNI sejak 20 tahun lebih.
UMKM kriya ini merasa amat sangat terbantu dengan bimbingan dan binaan dari tim
BNI yang menggunakan segala channel untuk membantu ekspansi UMKM.
Dengan
sinergi yang apik antara perbankan dan pelaku UMKM ini, CEO Wiracana I Wayan
Wiraperdhana merasa bangga karena telah mampu menembus setidaknya lebih dari 10
negara seperti Spanyol, Jepang, Amerika, Meksiko, Fiji, Prancis, Jerman,
Australia, Italia, serta beberapa negara di Asia Tenggara.
Berkat
BNI, dia pun menyampaikan Wiracana dapat ikut mengisi di Sarinah Department
store yang mana kipas tangan Wiracana berada di ground floor sebagai produk favorit dan unggulan di shopping
center.
“Saya
nasabah lama, ada 20 tahunan dengan BNI. BNI itu berbeda cara me-maintain
nasabah-nasabahnya kalau ada hajatan pasti cepat sekali (diajak),
orang-orangnya yang membantu profesional. Membantu nasabah-nasabahnya
benar-benar untuk berkembang,” sebut Wiraperdhana yang akrab disapa Wira di
Sesetan Bali, Minggu (25/9/2022).
Dalam
masa pemulihan ekonomi ini, Wira menyampaikan Wiracana telah memulai ekspansi
dengan kinerja ekspor mencapai 50% dari kemampuan pada kondisi normal lalu.
Beberapa buyer internasional sudah mulai berani datang ke pusat produksi
Wiracana di Bali untuk memastikan ketersediaan kipas tangan Wiracana.
“Tentunya
dengan pelajaran berharga dari masa pandemi, kami juga merambah pasar ritel online.
Dengan demikian kami bisa menyentuh lebih banyak pelanggan yang sulit dijangkau
dengan store-store fisik,” katanya.
Adapun, Wiracana sudah mampu menghasilkan 1.000 kipas per hari dengan bantuan teknologi canggih, yaitu berupa laser engraver. Penerapan mesin ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk. Hasil kipas terbaik juga dijamin dengan dilibatkannya lebih dari 70 seniman lokal, yang rupa desainnya sangat anggun.