Moneter.co.id – Tingginya kebutuhan selama bulan Ramadan membuat masyarakat Indonesia melakukan pencarian di situs pencarian.
Berdasarkan data Google, ada beberapa topik yang memuncak khususnya di bulan Ramadan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, seperti pencarian akomodasi, barang elektronik, promo kartu kredit hingga pakaian muslim terjadi mulai dua minggu sebelum Ramadan hingga enam minggu setelah Idul Fitri pun masih semarak.
Selain kebutuhan akomodasi dan barang elektronik, masyarakat Indonesia khususnya kaum perempuan yang ingin mempercantik dirinya di bulan Ramadan.
Pencarian pakaian muslim, tutorial hijab, makeup hijab, hingga cara merawat rambut menjadi trend di situs pencarian.
Seperti data tahun 2016, Google mencatat pencarian pakaian muslim melonjak hingga 200%.
Karim I. Sulisto, Partner Enablement Manager, Google PSP Program mengatakan, seperti diketahui, pengeluaran konsumen cenderung bertambah sekitar 30% pada saat bulan Ramadhan.
“Tentunya, industri fashion juga sama dan terdapat penambahan pencarian untuk hal-hal seperti ‘baju muslim’, ‘baju lebaran’, dan ‘fashion terbaru’ sampai hampir dengan 2x lipat” ujarnya diketerangan resmi yang Moneter.co.id, Kamis (8/6).
Terkait itu, para produsen pun sudah mulai melakukan promo harga spesial dua minggu sebelum Ramadan, sehingga belanja online pun dipilih oleh konsumen untuk berbelanja kebutuhan Ramadan.
Sementara itu, Aprilia Shinta, Business Development Manager Novaon Indonesia, menambahkan, jangan dilupakan bahwa masyarakat Indonesia sangat memperhatikan kecantikan diri dari luar dan dalam, terutama perempuan yang ingin tampil cantik dan segar di bulan Ramadan.
“Kebutuhan ini perlu diperhatikan pengusaha fashion dan kecantikan untuk membuat bisnisnya dilirik oleh konsumen,” ujarnya.
Seperti diketahui, Novaon Indonesia sebagai Google Premier Partner memfasilitasi bisnis UKM dalam pemasangan iklan di Google termasuk strategi dan solusi transaksinya.
Rep.Top