Moneter.id – PT Pertamina (Persero) menggandeng Himpunan Bank Milik Negara (Himbara)
untuk mempermudah transaksi pembayaran di stasiun pengisian bahan bakar umum
(SPBU) dan stasiun pengisian listrik umum (SPLU). Hal itu dilakukan terkait
konsep Pertamina yang mulai mengusung Green Energy Station (GES) di tiap
stasiun pengisian bahan bakar.
“Kami
akan bekerja sama dengan Himbara untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan
pembayaran di SPBU dan SPLU,” kata Direktur Utama PT Pertamina Nicke
Widyawati di Jakarta, Senin (10/12).
Nicke menjelaskan,
Pertamina siap menghadapi disruption business dari kendaraan konvensional
berbahan bakar minyak kearah kendaran listrik. Pertamina akan menghadirkan
fasilitas pengisian listrik untuk kendaraan listrik dalam rangka mengembangan
Ekosistem Bisnis Kendaraan Listrik kedepan.
“Konsep utama Green Energy
Station (GES) memiliki 3 konsep. Konsep Pertama, Konsep Green yang memiliki
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di area SPBU yang dimiliki. Kedua,
Konsep Future yang memiliki EV Charging Station,” ucap Nicke.
Ketiga, kata Nicke, Konsep
Digital yaitu myPertamina yang menjadikan pembayaran di SPBU cashless serta
ada self-service.
“Ke depan GES diproyeksikan menjadi tempat untuk pengisian baterai EV
serta tempat untuk swapping baterai yang didedikasikan untuk
sepeda motor listrik kecil,” ujar Nicke.
Saat ini pilot project GES
telah hadir menjawab tantangan tersebut. Di SPBU ini telah terpasang 4 (empat)
unit charging
station dimana 2 (dua) unit merupakan tipe fast charging yang
mampu mengisi penuh baterai kendaraan listrik dalam waktu kurang dari 15 menit
dan 2 (dua) unit merupakan tipe normal charging.
Dalam pengembangan konsep
tersebut, Pertamina mendapatkan dukungan penuh dari berbagai sektor mulai dari
Pemerintah melalui Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian
Perindustrian, serta sinergi BUMN dengan Telkom dan PLN, Lembaga Pendidikan
melalui UI, dan pelaku bisnis kendaraan listrik BMW, Toyota, Mitsubishi, dan
Gesits serta pelaku bisnis charging station Bosch.
“Seluruh pihak berada
dalam satu visi yang sama untuk menghadirkan suatu ekosistem energi masa depan
terbaik untuk Indonesia,” tambah Nicke.
GES diharapkan dapat
meningkatkan kualitas pelayanan ritel Pertamina melalui sistem yang cepat dan
handal. Kecepatan tersebut didukung dengan sistem digitalisasi SPBU melalui
standarisasi POS System dan cashless payment melalui MyPertamina.
Pertamina telah bersinergi
dengan Telkom dalam menghadirkan konsep cashless payment MyPertamina dan dashboard monitoring
system untuk mempermudah Management maupun stakeholder terkait
untuk memantau secara langsung penjualan yang terjadi di setiap titik SPBU.
Pada SPBU GES juga akan
disediakan fasilitas swapping battery untuk menjawab kebutuhan motor
listrik. Saat ini Pertamina telah bekerjasama denga GESITS untuk pengembangan
motor listrik. (Ant)