Selasa, Oktober 7, 2025

Mandiri Online Berharap Pengguna Aktif Capai 2,5 Juta Hingga Akhir Tahun 2017

Must Read

Moneter.co.id – Senior Vice President Digital Banking and Financial Inclusion Bank Mandiri Rahmat Broto Triaji mengatakan, layanan Mandiri Online saat ini telah digunakan oleh 8 juta pengguna. Akan tetapi, baru 1,8 juta pengguna yang aktif. Akhir tahun 2017, Rahmat berharap pengguna aktif Mandiri Online ditargetkan mencapai 2,5 juta pengguna.

“Harapannya, yang aktif ini bisa menjadi nasabah loyal dan menjadi penopang dari bisnis ritel Mandiri. Kami ingin semua transaksi yang sifatnya non tunai geser ke ATM dan ATM geser ke Mandiri Online,” kata Rahmat dalam peluncuran layanan Mandiri Online di Plaza Mandiri, Jakarta, Selasa (21/3).

Menurut, layanan Mandiri Online dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi fee-based income (FBI) perseroan. Pada 2016, Mandiri membukukan FBI hingga Rp 2,5 triliun. Dari jumlah tersebut, layanan Mandiri Online menyumbang sekitar Rp 300 miliar. “Tahun ini kami targetkan Rp 500-600 miliar,” ujar Rahmat. 

Ia menambahkan, layanan yang merupakan gabungan Mandiri Internet dan Mandiri Banking ini telah mencatatkan volume transaksi rata-rata sebesar Rp 60 triliun per bulan. Adapun jumlah transaksi rata-rata setiap bulannya mencapai 145 juta transaksi. Sebagian besar transaksi merupakan enquiry atau pengecekan saldo. 

Sementara itu, Senior Executive Vice President Chief Technology Officer Bank Mandiri Joseph Georgino Godong menjelaskan, pengembangan layanan Mandiri Online menelan biaya hingga Rp 100 miliar. Namun, biaya transaksi dapat diturunkan hingga di bawah Rp 500 per transaksi. “Jauh lebih murah dari transaksi di ATM atau cabang yang masih ribuan per transaksi,” ujar Joseph.

Ke depan, Rahmat berharap, seluruh pengguna Mandiri Internet dan Mandiri Mobile bermigrasi ke Mandiri Online. “Kalau semua nasabah sudah pindah ke Mandiri Online, kami akan matikan (Mandiri Mobile) maksimal dalam enam bulan. Kalau tidak dipaksa, nasabah tidak ada rangsangan untui pindah ke Mandiri Online,” tuturnya.

Seperti diketahui, Bank Mandiri meluncurkan layanan Mandiri Online yang mengintegrasikan layanan Mandiri Internet dan Mandiri Mobile. Layanan ini memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi mengenai seluruh produk perbankan yang dimilikinya dan melakukan aktivitas transaksi keuangan secara real-time.

(TOP)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

UmrahCash dan VIDA Hadirkan Solusi Aman & Praktis

UmrahCash berkolaborasi dengan VIDA, penyedia identitas digital terkemuka di Indonesia, menghadirkan dompet digital syariah yang aman dan praktis khusus...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img