Senin, Oktober 6, 2025

Moka Kenalkan Keuntungan Program Loyalitas Berbasis Digital Pada Wanita Wirausaha di IWF 2018

Must Read

Moneter.id – Moka, startup penyedia layanan kasir digital, mendukung
ribuan wanita wirausaha kreatif melalui acara Indonesia’s Women Forum (IWF)
2018 yang digelar Femina Group bersama dengan Google Indonesia dan P&G
Indonesia di Ciputra Artpreneur Kuningan, Jakarta, pada 8 dan 9 November 2018.

IWF 2018 mengusung tema ‘Bringing the Best of Indonesian
Women’ dengan visi membantu wanita Indonesia untuk maju dan berkembang. IWF
2018 berisikan berbagai kelas workshop (masterclass) yang diadakan untuk
memberikan edukasi terkini serta mengajarkan keterampilan dengan para pembicara
yang berpengalaman di bidangnya.

Moka menjadi pendukung masterclass pada sesi ‘Memenangkan
Bisnis di Industri Service’, dengan topik utama merubah operasional offline
menjadi online dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi cloud yang
efektif.

Menurut survei Google Indonesia, 47% wanita pengusaha UKM
belum menggunakan internet untuk mengembangkan bisnis mereka. Padahal,
wirausaha yang menggunakan mengadaptasikan teknologi dalam mengembangkan
bisnisnya mengalami kemajuan sebanyak 80% dibandingkan dengan yang tidak
mengadaptasikan teknologi.

Moka yang telah dipercaya oleh lebih dari 12.000 outlet
di Indonesia mengisi seminar dengan berbagi kepada para pelaku usaha untuk
memanfaatkan program loyalitas kepada pelanggan melalui platform digital.
Program loyalitas merupakan satu diantara berbagai jenis strategi yang dapat
dijalankan oleh para pelaku usaha, di mana program loyalitas merupakan metode
yang efektif untuk mempertahankan pelanggan melalui pemberian insentif agar
mereka melakukan pembelian berulang bagi produk dan jasa yang ditawarkan.

Penelitian Nielsen bahkan menyebutkan bahwa 84% konsumen cenderung lebih
memilih retail yang menawarkan program loyalitas kepada pelanggannya.

Dengan memanfaatkan program loyalitas, bisnis dapat
menjaga hubungan dengan pelanggan setia melalui keutamaan mengenal produk
populer, pola pembelian, serta masukan dan kritik yang diberikan oleh
pelanggan.

Bayu Ramadhan, VP Brand & Marketing Moka mengatakan,
merchant Moka yang telah mengaplikasikan program loyalitas terbukti berhasil
mengalami peningkatan pendapatannya sebesar rata-rata 48,47%.

“Selain mudah karena semua sistem berbasis digital,
program loyalitas juga dapat membantu bisnis dalam meningkatkan pendapatannya,
dan tentunya bisa lebih dekat dengan pelanggan,” ucapnya, Kamis (8/11).


Lebih jauh, lanjut Bayu, tiga keuntungan lain yang
didapatkan dari program loyalitas adalah pertama, membuat 50% pelanggan dengan
program loyalitas lebih condong mencoba produk baru. Kedua, strategi
mempertahankan pelanggan dengan program loyalitas terbukti memiliki lima kali
lipat biaya lebih rendah untuk bisnis. 

“Ketiga, akan lebih menguntungkan bagi pemilik bisnis
karena pelanggan dengan program loyalitas akan berbelanja 31% lebih banyak dari
pelanggan yang lain,” bebernya.

Sementara, Rima WS, pemilik dari ItjeHer Salon yang sudah
memiliki lima cabang di Jakarta, menambahkan, bahwa kunci utama keberhasilan
dari industri jasa adalah dengan memberikan pelatihan yang baik serta perhatian
khusus kepada pegawai yang ia miliki.

“Saya selalu memperhatikan perilaku dari pegawai salon
karena pegawai akan menjadi pihak pertama yang dekat dengan pelanggan. Baik
ketika melayani, maupun menjadi pendengar ketika pelanggan menyampaikan
keluhan,” ujarnya.

 

(TOP)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

GIIAS Hadirkan Informasi dan Inovasi Otomotif Terbaru Bagi Pelajar dan Mahasiswa Lewat Education Day

Rangkaian pameran otomotif GIIAS Bandung 2025 yang resmi dibuka pada 01 Oktober hingga 05 Oktober 2025 di Sudirman Grand...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img