Moneter.co.id – Di Putaran kedua Pilgub DKI Jakarta kali ini, para calon gubernur seperti, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Anies Baswedan makin masif dalam berkampanye. Namun, bukan mereka saja getol berkampanye, para istri masing-masing calon gubernur pun ikut turun ke lapangan. Veronica Tan dan Fery Farhati Ganis merupakan pendamping hidup Ahok dan Anies yang juga memiliki strategi kampanye di Pilgub DKI Jakarta.
Berikut perbedaan strategi kampanye kedua srikandi di Pilgub DKI seperti dirangkum Kamis (30/3):
Veronica Tan (Istri Basuki Tjahaja Purnama/Ahok)
Vero (sebutan akrab Veronica Tan) sedang rajin kampanye di putaran kedua Pilgub DKI. Walaupun tidak semua agendanya diketahui awak media, tapi Vero memiliki strategi khusus bagaimana menjaring suara warga tanpa harus dengan formulasi ‘kampanye’.
1. Penampilan: Ibu tiga anak berusia 40 tahun itu tak pernah mengenakan baju kotak-kotak atau atribut kampanye lain saat turun ke lapangan. Di antaranya saat menemui warga di Jalan Harapan Mulia 1 Kemayoran, Jakarta, Kamis (23/3), dan warga di Jalan Petojo Enclek, RT 005 dan 006, Kelurahan Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/3).
2. Target Kampanye: Timses Ahok-Djarot menyusun sasaran kampanye untuk Veronica, yaitu warga yang sakit dan lansia, menghadiri diskusi atau kegiatan di RPTRA. Sasarannya tentu kaum hawa, namun relatif perorangan, bukan kelompok.
3. Materi Kampanye: Dalam setiap kunjungannya ke warga, Vero tak pernah mengajak warga untuk memilih nomor urut 2 dalam Pilgub DKI. Vero juga relatif tak membicarakan janji Ahok-Djarot, tapi program yang sudah ada.
4. Media Sosial: Veronica tiba-tiba muncul di media sosial Instagram dengan akun @veronicabtp sekitar dua minggu lalu. Tujuannya selain bentuk eksistensi, juga seperti sang suami, Ahok, yaitu menggarap suara di media sosial.
Fery Farhati Ganis (Istri Anies Baswedan)
Fery juga sedang rajin menemui masyarakat di putaran dua Pilgub DKI kali ini. Ia menerapkan strategi kampanye yang sama dengan suaminya dalam kemasan yang memang ‘kampaye’.
1. Penampilan: Di setiap kunjungannya menemui warga, Fery menggunakan setelan baju putih dengan kerudung dan bawahan cokelat khas seragam kampanye Anies-Sandi. Sesekali ibu empat anak ini mengenakan pin ‘Salam Bersama’.
2. Target Kampanye: Sasaran kampaye Fery relatif sama dengan suaminya, Anies, yaitu warga masyarakat. Bedanya tentu Fery mengkhususkan pada kaum hawa. Mereka dikumpulkan atau berkumpul dalam satu tempat untuk dialog. Formatnya bisa pelatihan OK OCE atau menghadiri pelayanan kesehatan.
3. Materi Kampanye: Berbeda dengan Vero, Fery memang berkampanye dan menyosialisasikan program Anies-Sandi dalam Pilgub DKI. Mulai dari KJP Plus, DP nol rupiah, hingga OK OCE.
Dalam kampanye Fery, ada banyak atribut seperti spanduk atau poster Anies-Sandi. Sementara Vero tak pernah membawa tim kampanye sehingga tak ada atribut-atribut serupa. Fery juga sering berfoto dengan salam 3 jari.
4. Media Sosial: Fery juga menggarap pemilih di media sosial. Namun, Fery sudah jauh lebih lama aktif di media sosial Instagram. Materinya selain kegiatan pribadi, juga kegiatan kampanye dan agenda Anies-Sandi.
UmrahCash berkolaborasi dengan VIDA, penyedia identitas digital terkemuka di Indonesia, menghadirkan dompet digital syariah yang aman dan praktis khusus...