PT Pertamina (Persero) mencatat transaksi senilai Rp2 miliar dari penjualan ritel maupun antarbisnis (business-to-business/B2B) pada ajang pameran SMEXPO Yogyakarta 2025, di Plaza Ngasem, Yogyakarta, pada 26-28 September 2025.
“Ajang yang digelar Pertamina Foundation dengan melibatkan 35 UMKM binaan perusahaan ini, merupakan wujud nyata komitmen Pertamina dalam mendorong UMKM naik kelas hingga mampu menembus pasar internasional,” ucap Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso di keterangannya di Jakarta, Senin (29/9/2025).
Kata Fadjar, Pertamina terus menghadirkan ruang bagi UMKM untuk berkembang, termasuk melalui ajang SMEXPO ini. “Capaian transaksi lebih dari Rp2 miliar dan keterlibatan buyer dari mancanegara membuktikan bahwa UMKM binaan Pertamina memiliki daya saing global,” ujarnya.
Menurut dia, pembeli B2B internasional antara lain dari Turki, Prancis, Jepang, Portugal, dan Inggris, sementara domestik mencakup pelaku usaha hotel dan pengusaha batik.
Pada acara ini juga dilakukan penguatan temu bisnis, yakni inisiatif untuk mendorong keberlanjutan pelaku usaha lokal mendapatkan komitmen penjualan jangka panjang, sekaligus memperluas jejaring bisnis baik di dalam maupun luar negeri.
Sementara itu, Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari mengatakan capaian SMEXPO Yogyakarta tidak lepas dari program pembinaan UMKM yang rutin dilakukan setiap tahunnya oleh Pertamina.
“Capaian ini menjadi bukti nyata keberhasilan Pertamina Group dalam membina UMKM, baik dari penguatan fondasi kewirausahaannya sampai kesiapan mereka ke pasar ekspor melalui program pembinaan, mulai dari PFpreneur, UMK Academy, hingga Pertapreneur Aggregator,” ujar Agus.
SMEXPO sejalan dengan Astacita Pemerintahan Prabowo-Gibran, khususnya poin ketiga yakni meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, serta melanjutkan pengembangan infrastruktur.
Pertamina SMEXPO merupakan acara rutin tahunan Pertamina untuk meningkatkan kualitas dan akses pasar UMKM binaan Pertamina. Rangkaian acaranya berupa pameran dan program pembinaan.
Melalui SMEXPO, tambah Fadjar, Pertamina konsisten menghadirkan wadah promosi, pengembangan pasar, dan peluang kolaborasi yang lebih luas bagi UMKM binaan agar semakin berdaya saing dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional.




