Sabtu, November 29, 2025

SMBC Indonesia Perkuat Ekosistem UKM Pekanbaru Lewat Solusi Pembiayaan dan Digital

Must Read

PT Bank SMBC Indonesia Tbk (SMBC Indonesia) terus berkomitmen dalam mendorong kemajuan usaha kecil dan menengah (UKM) secara nasional. Komitmen ini diperkuat oleh SMBC Indonesia dengan menghadirkan solusi pembiayaan dan layanan perbankan digital yang relevan dengan kebutuhan pelaku usaha di Pekanbaru, Riau.

“Dengan layanan keuangan yang sederhana, aman, dan tepat guna, kami ingin menjadi mitra UKM di Pekanbaru untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing. Ini sejalan dengan semangat kami, ‘Bersama lebih Bermakna’, untuk terus tumbuh melalui kolaborasi serta menghadirkan dampak positif yang inklusif dan berkelanjutan bagi perekonomian.” kata Andrie Darusman, Communications and Daya Head SMBC Indonesia.

“SMBC Indonesia memahami bahwa pulau Sumatra, khususnya provinsi Riau, menyimpan potensi perekonomian yang kuat. Maka dari itu, kami akan terus memperkaya layanan bank kami agar kebutuhan segmen usaha dapat terjawab secara komprehensif,” tambah Andrie.

SMBC Indonesia memiliki berbagai solusi finansial bagi UKM di Riau dan Sumatra. Salah satu solusi tersebut adalah TOUCHBIZ, solusi digital yang dirancang khusus untuk menyederhanakan aktivitas finansial bisnis. TOUCHBIZ hadir dibawah naungan SMBC Business Banking yang hadir memberikan solusi permodalan untuk UKM, yang adaptif terhadap kebutuhan modal kerja dan pengembangan usaha.

“Kinerja Area Pekanbaru dari Januari sampai September 2025 menunjukkan tren yang sehat. Penyaluran kredit tumbuh 3% yoy dan Dana Pihak Ketiga (DPK) naik 41% yoy. Segmen UKM turut menopang pertumbuhan ini dengan penyaluran kredit meningkat 7% yoy dan DPK melonjak 81% yoy. Peningkatan ini menegaskan peran UKM sebagai motor pertumbuhan ekonomi wilayah.” ujar Erny, Regional Head Sumatra SMBC Indonesia.

“Maka dari itu, kami akan mengakselerasi pendampingan, literasi, dan adopsi layanan digital bagi pelaku usaha di Pekanbaru dan Sumatra agar mereka semakin siap bertransformasi dan meningkatkan daya saing,” tambah Erny.

Jenius, solusi life finance bagi masyarakat yang digital-savvy, turut menunjukkan pertumbuhan pengguna yang merata di Sumatra. Pada Januari–September 2025, nasabah berusia 21–30 tahun mendominasi segmen pengguna Jenius di Pekanbaru (52%) maupun regional Sumatra (56%), sementara nasabah berusia di atas 40 tahun masing-masing mencapai 17% di kota Pekanbaru dan 15% di region Sumatra. Demografi ini mencerminkan pemanfaatan layanan digital oleh nasabah lintas generasi dalam memenuhi kebutuhan finansial harian.

SMBC Indonesia senantiasa memperluas dampak pemberdayaan masyarakat melalui Program Daya. Program ini telah menjangkau lebih dari 600 partisipan melalui 39 aktivitas di Pekanbaru dan lebih dari 2.800 partisipan melalui 501 aktivitas di regional Sumatra sepanjang Januari sampai September 2025. Adapun aktivitas program mencakup layanan kesehatan, seminar daring kesehatan, dan telekonsultasi.

SMBC Indonesia pun membukukan kinerja keuangan yang solid pada periode tersebut. Pendapatan operasional tercatat sebesar Rp13,8 triliun, meningkat 11% yoy. Margin bunga bersih (Net Interest Margin/NIM) yang lebih tinggi juga mendorong pendapatan bunga bersih yang tumbuh 9% yoy. Penyaluran kredit yang mencapai Rp186,2 triliun, naik 6% yoy dari Rp175,1 triliun pada tahun sebelumnya, mencerminkan pertumbuhan yang konsisten di tengah dinamika industri.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

ecoCare Hygiene Solusi Sanitasi Modern untuk Lingkungan Bisnis

Standar kebersihan di lingkungan bisnis semakin meningkat dan kini menjadi salah satu faktor penting yang menentukan profesionalitas sebuah institusi....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img