Selasa, Oktober 7, 2025

Tren Zaman Now Dongkrak Transaksi E-Commerce BTN

Must Read

Moneter.co.id – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menuai berkah dari berubahnya gaya hidup yang mulai manjadi tren di Indonesia.
Gaya hidup serba mudah dan cepat dengan hanya bermodalkan ponsel sekarang
menjadi tren generasi now.
 


Direktur Bank BTN Budi Satria mengatakan, sekarang
masyarakat zaman now suka belanja dengan system online dan ini membuat
transaksi e-commerce BTN naik tajam. Lebih dari 400% transaksi dilakukan
nasabah Bank BTN menggunakan online system dan ini luar biasa peningkatannya. 

“Hanya dalam kurun waktu satu tahun
tren belanja telah mengubah paradigma bisnis yang menuntut perbankan harus siap
melayani dengan system digital. September 2015 tercatat hanya sekitar 5.000
nasabah yang melakukan transaksi online,” ujarnya, Rabu (01/11). 

Posisi yang sama 2017 jumlah transaksi secara
online naik menjadi sekitar 29.000 nasabah. Dengan layanan e-commerce yang
dimiliki peseroan, BTN mencatatkan jumlah transaksi
online e-commerce melonjak sebesar 594,8% secara tahunan (year-on-year/yoy) per
September 2017. “Sejalan dengan lonjakan tersebut, nominal
transaksi e-commerce melalui Bank BTN naik 472,59% yoy per September
2017,” kata Budi.

Perubahan zaman sudah mulai masuk di sekitar kita
dan kondisi itu perlu menyesuaikan diri. Ini sebuah fakta telah terjadi
pergeseran gaya hidup yang saat ini sudah mulai masuk pada kehidupan masyarakat
Indonesia terutama dalam mereka berbelanja. 

“Dunia modern adalah jawaban di mana semua
kebutuhan sudah dapat dilayani dengan digital dan ini membuat kami perbankan
juga perlu berbenah diri. Ini perubahan sekaligus kebutuhan yang perlu dipenuhi
dan kami harus beradaptasi,” ujarnya.

Bank BTN merupakan bagian dari perbankan nasional
yang tidak saja hanya berbisnis pada pembiayaan KPR. Produk umum sebagai
pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi terkait dengan produk dan
jasa perbankan juga dapat dilayani Bank BTN. 

Pihaknya mempunyai banyak produk dan layanan yang
saat ini sudah mengikuti zaman. Bahkan saat ini manajemen serius untuk
menjadikan korporasi masuk dan siap memberikan layanan dengan digital banking
yang sudah BTN siapkan.

Karena itu, BTN sudah mulai banyak menyasar pada
bisnis yang dapat berkembang demi masuknya dana murah untuk perseroan. Seperti
masuk pada lingkungan kampus yang sudah dilakukan pada hampir seluruh kampus di
Indonesia. Kemudian komunitas masyarakat yang memiliki bisnis untuk dapat
bekerja sama dengan bank. 

“Bahkan kami saat ini cukup gencar melakukan
kerja sama dengan komunitas belanja online yang dapat didukung layanan digital
BTN. Kita ingin bagaimana nanti akan terbentuk digital economy ecosystem. Kalau
ini terbentuk maka akan muncul brand-brand yang akan dengan mudah masyarakat
mengenal termasuk mudah untuk bank memberikan dukungan,” tegas Budi. 

Menggarap bisnis e-commerce tidak hanya menyoal
transformasi bisnis untuk meningkatkan layanan, tapi juga berpartisipasi dalam
penngembangan ekosistem e-commerce tersebut. 

Dengan memberikan edukasi bagi brand lokal agar
kapasitasnya meningkat serta masuk ke lini digital, secara tidak langsung Bank
BTN akan mengembangkan e-commerce dalam negeri dan mendukung ekonomi nasional.

“Ke depan kami mempunyai rencana bagaimana masyarakat
berbelanja dapat dengan mudah, tidak perlu mengeluarkan dompet, tidak perlu
pakai kartu, cukup semua dapat dilakukan hanya dengan handphone,” pungkasnya. (HAP)


- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

UmrahCash dan VIDA Hadirkan Solusi Aman & Praktis

UmrahCash berkolaborasi dengan VIDA, penyedia identitas digital terkemuka di Indonesia, menghadirkan dompet digital syariah yang aman dan praktis khusus...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img