Moneter.id – Jakarta – Perusahaan ban
global terkemuka, Hankook Tire & Technology (Hankook Tire), mencatat
penjualan sebesar Rp.2.317,8 miliar dan laba operasional sebesar Rp.420 miliar
untuk kuartal II 2024, berdasarkan hasil keuangan konsolidasi global. Penjualan
perusahaan meningkat 2,4% dibandingkan tahun sebelumnya (YoY), dan laba
operasional meningkat 69,2% YoY.
“Meskipun terdapat inflasi yang berkepanjangan dan suku bunga tinggi yang
mengganggu ekonomi global dan melemahkan sentimen konsumen, Hankook Tire
berhasil mempertahankan pertumbuhan positif,” tulis keterangan resmi Hankook
Tire yang diterima, Selasa (13/8/2024).
Tulisnya,
pencapaian ini berkat berbagai inisiatif yang berlandaskan strategi merek
premium, seperti penelitian dan pengembangan (R&D) yang proaktif,
kepemimpinan di pasar ban khusus kendaraan listrik (EV), serta kemitraan kuat
dengan produsen otomotif berkinerja tinggi di bawah arahan Ketua Hankook &
Company Group, Hyunbum Cho.
Selain
itu, dengan menerapkan strategi penjualan yang disesuaikan untuk setiap
wilayah, memperluas saluran penjualan, dan meningkatkan infrastruktur
distribusi, Hankook Tire mampu memanfaatkan keunggulan teknologinya dan
mempertahankan daya saing produk premium mereka.
Pada kuartal II 2024, ban high-inch, dengan ukuran minimal 18 inci,
menyumbang 46,3% dari seluruh penjualan ban untuk mobil penumpang dan truk
ringan (PCLT), meningkat sebesar 2,8% dibandingkan tahun sebelumnya (YoY).
Ban
penumpang high-inch menyumbang 63% dari total penjualan di pasar China,
yang merupakan proporsi tertinggi di antara semua wilayah, diikuti oleh Korea
Selatan sebesar 55,3%, Amerika Utara sebesar 54,6%, dan Eropa sebesar 37,8%.
Selain itu, Hankook Tire juga mengembangkan teknologi ban kelas atas yang
memenuhi standar performa dan kualitas tinggi yang dibutuhkan oleh merek
otomotif premium. Perusahaan ini terus memperluas kemitraannya sebagai pemasok original
equipment (OE) dengan bekerja sama dengan merek terkenal seperti Porsche,
Mercedes-Benz, BMW, dan Audi, termasuk divisi performa tinggi seperti Mercedes-AMG,
BMW M, dan Audi RS.
Hankook
juga memasok ban untuk produsen kendaraan listrik terkemuka seperti Tesla dan BYD.
Saat ini, Hankook menyediakan ban OE untuk sekitar 280 model dari hampir 50
produsen otomotif global.
Dalam segmen ban khusus EV, Hankook Tire terus menunjukkan kemajuan yang luar
biasa. Sejak meluncurkan lini ban khusus EV pertama di dunia pada tahun 2022 di
bawah merek iON, perusahaan telah mendiversifikasi portofolio merek tersebut
hingga mencakup 236 spesifikasi dengan ukuran mulai dari 16 inci hingga 22
inci.
Hankook
juga memperluas pasokan ban OE untuk model EV termasuk Porsche Taycan, Audi
e-tron GT dan Q4 e-tron, BMW i4, Volkswagen ID.4, Hyundai Ioniq 6, Kia EV3 dan EV9,
Tesla Model Y dan Model 3, serta BYD Song Max dan Yuan.
Kemudian, perusahaan juga memperkuat kegiatan pemasaran domestik dan globalnya
untuk meningkatkan posisinya sebagai merek premium. Hankook Tire adalah pemasok
eksklusif dan mitra resmi dari ABB FIA Formula E World Championship, kompetisi
balap EV terkemuka dunia, serta seri balap Lamborghini Super Trofeo yang
diselenggarakan oleh Automobili Lamborghini S.p.A., merek supercar asal Italia.
Selain
itu, Hankook memiliki kemitraan dengan berbagai organisasi olahraga terkenal di
dunia, termasuk UEFA Europa League yang melibatkan klub sepak bola profesional
terbaik di Eropa, serta klub sepak bola bergengsi asal Jerman, Borussia
Dortmund.