Moneter.id – Afrika Selatan – Studi Lanskap Media Sosial Afrika
Selatan 2023 yang dirilis oleh konsultan intelijen merek Ornico dan organisasi
riset pasar World Wide Worx mencatat popularitas media sosial (medsos) TikTok telah menyalip
Instagram dan menempati posisi kedua di antara “lima besar” platform
media sosial di Afrika Selatan.
“TikTok kini menantang
dominasi Facebook di negara Afrika Selatan itu,” tulis media setempat pada
Sabtu (1/7).
TikTok mencatatkan
pertumbuhan pesat dan melampaui Instagram untuk mengklaim posisi kedua dengan
penetrasi 30,6 persen.
Untuk posisi pertama,
Facebook dengan penetrasi 56,7 persen di kalangan warga Afrika Selatan berusia
15 tahun ke atas di daerah perkotaan, terus mendominasi ranah media sosial.
Menurut penelitian itu,
daya tarik platform ini juga melampaui target audiens usia di bawah 15 tahun,
memperluas pengaruhnya di pasar usia 15+.
Instagram mempertahankan
popularitasnya di kalangan pengguna media sosial Afrika Selatan dengan tingkat
penetrasi 27,6 persen, sementara Twitter tetap berada di posisi keempat dengan
22,5 persen.
LinkedIn jauh tertinggal
di urutan kelima dengan 14,7 persen, namun tingkat penetrasinya masih terhitung
sehat untuk platform jaringan profesional yang tidak banyak menarik minat kaum
muda.
Studi ini menggunakan
campuran data dari Target Group Index Ask Afrika, yang menyurvei 24.744
responden, serta survei Ornico dan World Wide Worx tentang penggunaan media
sosial oleh merek-merek terbesar di Afrika Selatan.
Berikut daftar urutan media sosial terpopuler
di Afrika Selatan:
Facebook – 56,7 persen
TikTok – 30,6 persen
Instagram – 27,6 persen
Twitter – 22,5 persen
LinkedIn – 14,7 persen