Moneter.id
– Perusahaan elektronik
multinasional, Panasonic menjalin
kerja sama dengan perusahaan produk perangkat lunak (SaaS) Anchanto. Kemitraan
ini akan menyederhanakan proses operasional dan memperluas layanan e-commerce Panasonic ke seluruh kawasan
Asia-Pasifik.
Dengan memanfaatkan SelluSeller, sebuah
sistem pengelolaan pesanan multi kanal dari Anchanto, Panasonic dapat
menjalankan satu sistem terintegrasi yang dapat memantau penjualan secara real time, mengelola inventaris dengan
lebih mudah, dan mengatur informasi produk di berbagai saluran e-commerce.
Sistem SaaS yang diterapkan ini bertujuan
untuk memudahkan pengelolaan operasional, model, dan sistem bisnis Panasonic di
seluruh negara. Dalam jangka panjang, perusahaan membidik 4x pertumbuhan
pendapatan.
Panasonic menyadari adanya perubahan besar
di industri ritel yang menuntut setiap brand untuk secara konsisten menjalin
hubungan dengan konsumennya. Oleh karena itu, Panasonic kini menerapkan
strategi Direct-to-Consumer (D2C)
melalui perbaikan distribusi konten di seluruh saluran e-commerce, peningkatan strategi pengelolaan promosi dan harga
produk, penguatan keamanan dan kemudahan akses data, serta perbaikan layanan
konsumen sebelum dan setelah transaksi.
Tim IT Panasonic mencari partner yang
dapat menyajikan pemahaman mendalam tentang industri dan dapat membantu
mempercepat penyelesaian sistem.
Jiro Nakami, Marketing Director Panasonic Appliance Marketing Asia Pacific, mengatakan, salah satu prasyarat bagi kami di
Panasonic adalah mencapai kepuasan pelanggan.
“Kami
mengadopsi dan mengoptimalkan strategi multi kanal kami tidak sebatas
meningkatkan penjualan saja, melainkan juga meningkatkan engagement pelanggan,”
ucapnya disiaran persnya, Senin (11/1).
“Dengan adanya pembagian
pasar e-commerce di Asia Tenggara,
kami membutuhkan solusi sistem pengelolaan pesanan atau Order Management System
(OMS) yang mampu mengintegrasikan seluruh aspek online dan offline dengan
kemampuan skalabilitas dan perluasan yang sudah teruji. Hal ini yang ditawarkan
oleh Anchanto,” katanya.
Teknologi SelluSeller milik Anchanto
membantu mengidentifikasi masalah yang dihadapi Panasonic dan mengintegrasikan
seluruh sistem penting. Tidak hanya itu, Anchanto membantu Panasonic dalam
menerapkan solusi yang meningkatkan sistem pelacakan pesanan dan pengiriman,
pengelolaan inventaris, pengelolaan penagihan, dan integrasi sistem SAP yang
lebih mudah dan cepat.
“Dengan teknologi Anchanto memudahkan kami
dalam memperkuat webstore dan marketplace, kemampuan mereka dalam
mengintegrasikan sistem dengan SAP, serta kehadiran Anchanto di kawasan APAC
menjadi faktor terpenting bagi kami untuk mempercayakan solusi marketplace kami kepada Anchanto. Kami
ingin menjadi pemain e-commerce terdepan
dengan mengembangkan setiap lini bisnis kami,” tambah Jake Hirose, Managing Director Panasonic Appliances
Marketing Asia Pacific.
Sementara, Vaibhav
Dabhade, Founder & Chief Executive
Officer Anchanto menambahkan, Anchanto
selalu berupaya mendampingi perusahaan untuk menjalankan dan mengembangkan e-commerce mereka dengan menerapkan
teknologi yang kuat dan cepat.
“Kami
bangga dapat bermitra dengan Panasonic dan membantu menerapkan strategi multi
kanal jangka panjang miliknya. Kami siap mendukung rencana besar bisnis digital
Panasonic di seluruh target pasarnya,” tutup Vaibhav Dabhade.